jenis tangan palsu

Jenis tangan palsu

tangan palsu adalah alat ganti gerak tubuh atas yang hilang karena amputasi atau kurang sejak lahir. Tujuan dibuatnya tangan palsu adalah untuk memanfaatkan secara optimal ekstremitas sisa setelah amputasi dan meningkatkan kualitas diri seseorang penyandang disabilitas agar lebih pecaya diri saat bertemu dengan orang lain karena pada dasarnya tangan palsu difungsikan untuk menambah penampilan.

jenis tangan palsu

 

Beberapa jenis tangan palsu dibuat berdasarkan beberapa hal, yaitu :

Jenis tangan palsu berdasarkan level amputasi, yaitu :

Tangan palsu dibuat dengan bahan utama yaitu silicon import dan bahan pendukung yang lain disesuaikan dengan tangan palsu sesuai level amputasinya. Bahan pendukung lainya adalah karet, kayu, fiber, komponen lokal atau import dan juga bahan Polyesteresin untuk tangan palsu jenis tertentu sesuai  level amputasi.

Semua jenis tangan palsu dibuat dengan bahan utama adalah silicon import bertujuan agar tangan palsu dapat memiliki kemiripan dengan tangan palsu asli,

Tangan palsu  memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Tangan palsu sesuai level amputasi
  • Warna tangan palsu dissesuaikan dengan warna kulit pasien
  • Kuku pada tangan palsu bias diperlakukan sebagaimana kuku pada tangan asli (di beri pacar kuku)
  • Terdapat tonjolan urat seperti tangan asli
  • Terdapat pori – pori mirip pada tangan asli
  • Terdapat ruas – ruas jari
  • Terdapat garis tangan pada telapak tangan palsu

Untuk mendapatkan tangan palsu yang baik beberapa pertimbangan yang dilakukan untuk menentukan jenis tangan palsu yang tepat dan sesuai dengan kondisi pasien. Beberapa hal yang menentukan kenyamanan dan tingkat kepercayaan diri saat memakai tangan palsu, antara lain :

  1. Keseimbangan
  2. Ukuran ( socket, panjang, dll )
  3. Pergerakan komponen sendi ( sendi siku )

Pembuatan tangan palsu harus memperhatikan beberapa aspek sebagai petimbangan agar tangan palsu nyaman dan fungsi yang optimal. beberapa aspek tersebut diantaranya :

  1. pembuat yang sesuai dengan level aktifitas pasien dan perawatan yang diinginkan paisen
  2. ukuran yang sesuai yaitu sesuai dengan ukuran tangan palsu yang diinginkan dan dibutuhkan pasien
  3. bentuk posisi tangan palsu yang diinginkan pasien (biasanya tangan palsu akan dibentuk menyerupai tangan dengan posisi berjabat tangan)
  4. mentukan jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan pasien dan sesuai dengan kemampuan pasien

untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami di jl. Kalimosodo no 77, josenan – MADIUN – Jawa Timur, untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi kontak kami

085 780 000 084 / 081 329 259 419 419 / 0351-465274 atau untuk informasi produk lebih lanjut silahkan klik link utama kami jop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *